Posted on Berikan komentar

Aldosteronisme – Pengertian – Gejala – Penyebab – Pengobatan

tokodenature.co.id

Pengertian Aldosteronisme
Aldosteronisme adalah kelainan hormonal yang menyebabkan tekanan darah tinggi pada penderita, yang disebabkan kelenjar adrenalin yang menghasilkan hormon aldosteron terlalu banyaksehingga kadar kalium jadi tidak seimbang. Ini penyakit khusus yang jarang terjadi, pria dan wanita juga mempunyai risiko yang sama. Aldosteronisme biasanya menyerang pada orang yang mempunyai riwayat darah tinggi dan sudah berumur diatas 30 tahun.

Gejala Aldosteronisme
Gejala yang sering terjadi antara lain:
– kram pada otot
– tubuh mengalami lemas
– sembelit
– mual
– sering buang air kecil
Sebaiknya mengecek kesehatan secara berkala apabila mempunyai riwayat darah tinggi, soalnya dalam beberapa kasus tidak menimbulkan gejala-gejala seperti diatas.

Penyebab Aldosteronisme
Penyebab utama Aldosteronisme adalah kadar adrenal aldosteron yang melebihi normal atau terlalu banyak. Terdapat 2 jenis aldosteron yaitu primer dan sekunder, primer terjadi pada saat muncul tumor ( tumor jinak ) sedangkan sekunder disebabkan penyakit lain didalam tubuh antara lain dehidrasi, gangguan jantung dan gangguan hati.

Pengobatan Aldosteronisme
Pengobatan dilakukan dengan mengecek penyebab terjadinya Aldosteronisme dan setelah itu memilih pengobatan yang cocok. Tujuan ini untuk mencegah produksi aldosteron dan pencegahan komplikasi akibat darah tinggi, pilihan yang bisa dilakukan adalah operasi. Tindakan operasi yang dilakukan oleh dokter adalah untuk mengangkat tumor adrenal sedang pengobatan lainnya adalah mengonsumsi obat penghambat aldosteron. Pola hidup juga sangat dianjurkan untuk mencegah penyakit ini antara lain kurangi makanan yang mengandung minyak berlebih dan makanan yang mengandung pengawet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *